Sabtu, 15 Desember 2018

2.1 Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern


Nama : Muhammad Lafasha.A | Kelas  : 5KA44 | NPM : 1B117090





2. 1 Sebutkan dan jelaskan layanan strategis apa agar Sistem Informasi modern dapat berkembang cepat ?





  • Segitiga Strategi Sitem Informasi 


    Strategi  sistem  informasi  merupakan  sebuah kerangka  sederhana  yang  digunakan  untuk memahami  pengaruh  sistem  informasi  terhadap sebuah organisasi.   Strategi  sitem informasi terdiri dari  strategi  informasi,  strategi  organisasi,  dan strategi bisnis.



    Gambar 1. Segitiga Strategi Sistem Informasi

    Strategi  sistem  informasi  dapat  dipengaruhi  oleh dirinya  ataupun  karena  adanya  perubahan  strategi bisnis dan organisasi. Untuk menjaga keseimbangan ketiganya  yang  dibutuhkan  keberhasilan  suatu organisasi  maka  strategi  sitem  informasi  harus senatiasa  berdampingan  dengan  strategi  organisasi yang  telah  ditetapkan dan  mampu  mengakomodasi keseluruhan dari  strategi  bisnis.   Karena  ketiganya harus  berjalan  seimbang  maka  perubahan  yang terjadi pada salah satu strategi tersebut akibat adanya kebutuhan  yag  terkait  maka  harus  diikuti  oleh perubahan strategi lainnya agar  keseimbangan yang diinginkan tetap terjaga.

    • ·         Kerangka Kerja Strategi Bisnis

    Strategi  merupakan  kumpulan  tindakan  yang terkoordinasi untuk mencapai sasaran, maksud, dan tujuan  yag  telah  ditetapkan  dan  dimulai  dengan menetapkan misi. Misi  merupakan pernyataan  yang jelas  dan  meyakinkan  sebagai  upaya  menyatukan organisasi  dan  menggambarkan  keseluruhan  dari suatu organisasi.   Strategi bisnis adalah sebuah penerjemahan rencana yang  menggambarkan  tujuan  dari  organisasi  dan bagaimana  mencapai  tujuan  tersebut  Beberapa strategi  bisnis  yang  dapat  dijadikan  dasar  seorang manager diantaranya adalah Competitive Advantage model  Porter  dan  hypercompetition  yang dikemukankan oleh D’Aveni  Michael Porter menjelaskan bagaimana bisnis dapat membangun  keunggulan  kompetitif  yang berkelanjutan.  Dia  mengidentifikasi  tiga  strategi utama yang harus dijalankan oleh sebuah organisasi untuk mencapai keunggulan kompetitif, yaitu:
    1. Cost Leadership
    2. Differentiation
    3. Focus

    • ·         Strategi Organisasi

    Untuk mengatur sebuah perusahan  dalam  kerangka pencapaian  tujuan  dan  mengimplementasikan strategi bisnis maka diperlukan starategi organisasi. Strategi organisasi  yang  di  dalamnya  mencakup desain  organsisasi  yang  dipilih  harus  mampu mendefiniskan,  mengatur,  mengkoordinasikan  dan mengontrol proses kerja yang terjadi di dalam suatu organisasi.  Sebuah  kerangka  sederhana  untuk memahami  desain  dari  suatu  organisasi  adalah business diamond  yang, diperkenalkan oleh Leavitt dan disempurnakan oleh Hammer dan Champy.   Model  diamond  business  merupakan  kerangka sederhana  yang  digunakan  untuk  mengidentifikasi komponen-komponen  penting  dari  rencana organisasi  yang  telah  dibuat  baik  sebagai  proses bisnis,  nilai-nilai  dan  keyakinan,  sistem  kontrol manajemen,  ataupun  tugas  dan  struktur.  Kerangka ini  berguna  untuk  merancang  organisasi  baru  dan mendiagnosa  permasalahan  yang  terjadi  dalam sebuah organisasi.


    Gambar 2. Model Diamond Business

    Sebagai  pelengkap  dari  model  diamond  business untuk merancang suatu organisasi dapat dilihat pada kerangka “managerial levers.  Kerangka  “managerial levers”  menunjukkan  bahwa  keberhasilan pelaksanaan  strategi  organisasi  bisnis  merupakan kombinasi  terbaik  dari  organisasi,  kontrol,  dan variabel budaya.



    Gambar 3. Model Managerial Levers


    • ·       Strategi Sitem Informasi 

    Laudon  dalam  bukunya  “Managing  The  Digital Firm”  menyebutkan  bahwa sistem  informasi adalah satuan  komponen  yang  saling  berhubungan  utuk mengumpulkan,  memproses,  menyimpan,  dan mendistribusikan  informasi  untuk  mendukung pengambilan  keputusan  dan  kendali  dalam  suatu organisasi.  Hubungan  saling ketergantungan  antara organisasi  dan sistem  informasi  dapat  dilihat  pada gambar berikut.


    Gambar 4. Hubungan Ketergantungan Antara Organisasi dan Sistem Informasi

    Suatu sistem informasi memungkinkan bisnis untuk mengimplementasikan strategi bisnis dari organisasi. Selain  itu,  sistem  informasi  juga  membantu perusahan mengukur kemampuan yang dimilikinya. Empat  komponen  kunci  pada  infrastruktur  sistem informasi  merupakan  kunci  dari  strategi  sistem informasi  adalah  hardware,  software,  networking, dan data. Komponen-komponen kunci tersebut dapat digunakan oleh manager untuk menilai isu-isu kritis yang terjadi pada sistem informasi yang digunakan di organisasi yang di pimimpinnya kuat maka perubahan yang signifikan terhadap cara cerja  kerja  dalam  organisasi  maka  akan  terkait dengan  perubahan  yang  signifikan  pula  terhadap struktur organisasinya.  Organisasi  virtual  merupakan  struktur  organisasi yang  memungkinkan  setiap  individu  dalam  suatu organisasi  bekerja  dimana  saja  dan  kapan  saja sehingga jarak dan  waktu yang selama ini menjadi kendala  dalam  bekerja  tidak  lagi  menjadi  batasan. Hal  ini  sangat  dimungkinkan  karena  Internet  dan intranet  menghasilkan  peluang  bagi individu  untuk bekerja  dari  tempat  manapun  dengan  hanya manggunakan  komputer  yang  dapat  akses  ke jaringan.   Internet dan intranet memungkinkan setiap  individu dalam organisasi melakukan akses atau komunikasi ke orang lain dengan menggunakan teknologi. Salah satu contoh nya adalah penggunaan surat elektronik (e-mail)  sebagai  sarana  komunikasi  yang  paling banyak  digunakan.  Salah  satu  parameter keberhasilan suatu  organisasi virtual adalah  adanya kolaborasi yang  terjadi antar  individu yang  terlibat di dalamnya.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar